Sunday, July 12, 2015

MAHKOTA DEWA

yayan14
Kemarin ketemu si Nenek yang lagi mengeluh sakit kepala. Saya memberinya minum dan sebutir obat. Setelah agak pulih, beliau bercerita tentang hobby dan profesinya sebagai pengobat tradisional Melayu.
Konon di rumahnya tersedia banyak tumbuhan berkhasiat. Beliau juga berjanji akan datang untuk menghadiahkan sebatang pohon berkhasiat itu untuk saya.
Benar, barusan beliau datang bersama anak dan mantunya, membawa sebatang pohon Mahkota Dewa dalam sebuah pot untuk saya.
Beliau menjelaskan bahwa pohon itu adalah kiriman dari saudaranya di Indonesia. Dengan bangga beliau juga menerangkan bahwa pohon itu sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
Selain membawa pohon Mahkota Dewa, beliau juga membawa dua botol air rebusan berwarna hijau kecokelatan. Beliau menyarankan saya untuk meminum segera, selagi masih hangat. Baik untuk membuang angin dalam badan kita, mencegah sakit magh, dan membuat enak tidur..!
Bersama beberapa orang teman, kami menyantap air ramuan tradisional itu. Soal rasa, jangan ditanya, selain tercium aroma yang khas, pahitnya juga luar biasa..! Hehehe..! Ya, inilah air jamu..!
Tidak berselang lama setelah meminum air itu, kami mulai merasakan khasiatnya. Serentak kami diserang gejala buang-buang angin, namun hebatnya, punggung dan pundak kami yang sebelumnya terasa pegal dan sakit, kini kembali segar. Repotnya, perut kami yang baru saja terisi menu makan siang, kini sudah mulai lapar lagi..!
Hahaha..! Kami hanya bisa tertawa dengan nafsu makan kami yang sedikit aneh. Semoga kami tidak dilanda ngantuk berat..!
Subhanallah, baru saja kami berharap demikian, tiba-tiba kantuk pun menyerang kami. Akhirnya kopi pun segera tersaji. Menikmati kopi dalam suasana hujan, perut kenyang dan mata ngantuk, sungguh sesuatu banget. Kami jarang sekali melewati perpaduan suasana seperti itu. Hehehe..!
Terima kasih Nek untuk jamu dan tanaman obatnya. Sangat bermanfaat. Terima kasih Tuhan untuk segala nikmatMu. Sesungguhnya, Engkaulah Maha Segalanya. Alhamdulillah..

By ; Yayan@indocuisine

No comments:

Post a Comment